Uncategorized

Daftar Spare Part Motor Matic yang Paling Sering Rusak

Ini Daftar Spare Part Motor Matic yang Paling Sering Rusak – Motor berjenis transmisi otomatis atau matic menjadi motor yang pali banyak digemari karena lebih mudah hanya tinggal gas dan rem saja. Selain itu, pada umumnya bagasi motor matic juga lebih luas, sehingga pengendara lebih nyaman memakainya. Anda salah satu pengguna setia motor matic?

Jika iya, maka Anda wajib mengetahui berita motor mengenai spare part motor matic yang paling sering rusak. Adapun daftarnya kami ramgkum dalam ulasan berikut:

Busi

Spare part pertama yang paling sering rusak adalah busi. Jika Anda tengah menggunakan motor matic dan tiba-tiba ditengah jalan mati, komponen inilah yang biasanya diperiksa montir pertama kali. Busi ini mengalami kerusakan karena terdapat cairan dalam rongganya atau terdapat oli mesin yang naik ke ruang pembakaran, sehingga busi basah. Jika Anda tak mau busi sering mengalami kerusakan, pilihlah pe bus yang sesuai rekomendasi pabrik alih-alih tipe racing yang malah memicu kerusakan besi lebih sering. Selain itu, seringlah memeriksa kondisi busi jika sedang musim hujan atau habis menerjang banjir.

Kampas Rem

Kampas rem menjadi spare part yang pasti akan rusak atau istilahnya aus. Kampas pada rem tremol atau cakram ini memiliki usia yang relatif singkat. Setelan rem yang terlalu kencang bisa menyebabkan aus pada spare part ini semakin cepat. Oleh karena itu, untuk memperpanjang usia komponen ini pastikan spare part yang digunakan asli dan berkualitas. Cek juga selalu setelan rem, jangan terlalu kencang atau pun terlalu kendor.

Bearing Roda/Laher

Selanjutnya berita motor mengenai spare part yang sering rusak terjadi pada bearing roda. Kerusakan atau aus pada laher atau bearing roda ini akan menyebabkan velg tidak stabil dan bergoyang-goyang. Pada umumnya kerusakan laher ini terjadi karena bola-bola penaham bearingnya hancur akibat gonangan yang keras, biasanya jika kita menghantam jalanan yang berlubang dengan keras. Solusi untuk meminimalisir kerusakan pada komponen ini adalah menggunakan laher yang yang berkualitas tinggi agar tahan bantingan keras.

Aki

Spare part yang sering rusak lainnya adalah aki. Kerusakan pada komponen ini biasanya terjadi karena adanya beban listrik yang berlebih, atau jika menggunakan aki basah dikarenakan ketinggian air aki. Tapi sebagai informasi,  motor matic model keluaran sekarang biasanya menggunakan aki kering, sehingga kerusakan akibat ketinggian air jarang terjadi. Untuk menghindari keruaakan aki ini, Anda bisa mengurangi beban kelistrika, atau joka ingin lebih eksklusif Ansa bisa mengganti sistem listrik pada motor matik Anda menjadi sistem Fullwave agar pengisian aki lebih besar.

Itu dia beberapa spare part yang paling sering mengalami kerusakan. Rawat dan perhatika komponen-komponen tersebut untuk meminimalisir kerusakan. Kunjungi website Moladin untuk berita motor terlengkap habya untuk Anda para bikers sejati, semoga bermanfaat!